Hari Pertama Pendaftaran, KPU Depok Terima Berkas Pencalonan Pradi-Afifah

kota-depok.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok melaksanakan tahap pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) dalam Pilkada Depok 2020, yang dimulai tanggal 4 hingga 6 September 2020,

Di tahap ini, KPU melayani pendaftaran bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok berupa penyerahan berkas berupa formulir syarat calon dan syarat pencalonan sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) No 1 Tahun 2020 tentang Perubahan ketiga atas PKPU No. 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Wali Kota.

Kantor KPU di Jalan Kartini No. 19, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, pun bebenah. Pada Jumat pagi, seluruh komisioner KPU Depok dan jajaran KPU Kota Depok mengikuti apel pagi. Setelah apel pagi, komisioner KPU Depok Kholil Pasaribu memandu gladi bersih penerimaan dan pendaftaran bapaslon.

Sekitar pukul 10.00 WIB, liaison officer atau penghubung bapaslon Pradi Supriatna – Afifah Alia mengambil kartu identitas para pengiringnya. Dengan demikian pendaftar pertama di awal pendaftaran adalah bapaslon Pradi – Afifah.

Pasangan ini tiba di kantor KPU Depok sekitar pukul 14.00. Mereka didampingi pimpinan partai politik pengusung, masing-masing Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), PDI Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kurang lebih dua jam, staf di KPU Depok memeriksa seluruh berkas yang diserahkan. Setelah semua lengkap, Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna menyerahkan surat tanda terima berkas-berkas tersebut.

“Hari ini Jumat tanggal 4 September 2020, kami telah menerima semua berkas berupa formulir persyaratan calon dan persyaratan pencalonan Pradi Supriatna sebagai bakal calon Wali Kota Depok dan Afifah Alia sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Depok,” ucapnya dalam jumpa pers.

Untuk selanjutnya, KPU Depok akan memprosesnya lebih lanjut sebelum mereka ditetapkan sebagai calon Wali Kota Depok dan Wakil Wali Kota Depok.

Bakal calon Wali Kota Depok Pradi Supriatna, dalam jumpa pers, merasa bersyukur seluruh berkas sudah lengkap dan diterima KPU Depok. “Kami mengapresiasi jajaran KPU Depok yang secara teliti memeriksa seluruh berkas kami,” tuturnya.(MC)