Ketua KPU Depok Perintahkan PPK dan PPS Selalu Update Data Pemilih

kota-depok.kpu.go.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Nana Shobarna memerintahkan seluruh jajaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk selalu memeriksa kembali hasil pemutakhiran data pemilih yang tahapannya tengah dilakukan. Tujuannya agar data pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 benar-benar valid dan akurat saat ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Hal tersebut dikemukakannya saat Rapat Koordinasi (Rakor) PPK dan PPS serta Sekretariat PPK/PPS se-Kecamatan Sukmajaya di aula Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020).

Hadir dalam rakor ini Camat Sukmajaya Tito Ahmad Riyadi, Ketua PPK Sukmajaya Heri Darmawan dan Sekretaris PPK Sukmajaya Ermanila.

Ketua KPU Kota Depok mengapresiasi kesungguhan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), PPS dan PPK dalam tahapan pemutakhiran data pemilih melalui pencocokan dan penelitian (coklit). Walaupun tahapan coklit tengah dilakukan dan ada beberapa kelurahan di Kota Depok yang sudah selesai, ucapnya, tapi masih perlu diperiksa lagi.

“periksa kembali secara rinci dan teliti,” tandas Nana.

Di tengah Covid-19 yang belum reda di Kota Depok, seluruh PPS dan PPK agar melaksanakan ketentuan yang telah disampaikan saat bimbingan teknis (bimtek). “Jangan sampai ada tokoh masyarakat di satu kelurahan atau TPS (tempat pemungutan suara) tertentu yang belum terdata,” katanya.

Kegiatan coklit, tuturnya, merupakan tahap awal upaya penyusunan daftar pemilih. Waktu untuk penyusunan daftar pemilih, ucapnya, masih panjang. Setelah coklit, lanjutnya, ada tahapan penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) hingga daftar pemilih tetap (DPT) ditetapkan di bulan Oktober 2020.

“Terus lakukan update supaya diperoleh data pemilih yang valid dan akurat,” kata Nana.

Dia menekankan untuk selalu update untuk memperoleh data pemilih yang valid dan akurat bukan tanpa alasan. “Kalau DPTnya valid dan akurat, untuk menuju capaian target partisipasi pemilih sudah di depan mata,” tuturnya.

Untuk diketahui, target partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020 sebesar 77,5 persen.

Dalam kesempatan itu Ketua KPU Depok memberi ucapan selamat kepada jajaran PPK Sukmajaya yang berhasil meraih KPU Depok Award. Dia berharap adanya penghargaan ini bisa memacu kinerja seluruh PPK dan PPS di Kota Depok.

“Piagam penghargaan ini nanti suatu waktu bisa bermanfaat. Terlebih bagi PPS dan PPK yang fokus untuk ke jenjang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Nana juga mengingatkan agar protokol kesehatan selalu diindahkan agar tidak terjangkit virus Corona. “Jangan sampai ada PPS atau PPK atau sekretariat yang terpapar,” tuturnya.

Jadi, ucapnya, pergunakan alat pelindung diri, seperti masker, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, serta menjaga jarak dan hindari kerumunan.

“Kita ingin pilkada berjalan dengan baik, pemilih sehat, penyelenggara sehat dan peserta pilkada pun sehat,” pungkas Nana. (MC)