KPU Depok Pastikan Pilkada Digelar 9 Desember 2020

kota-depok.kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok memastikan kembali perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok akan diselengarakan pada 9 Desember 2020.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan KPU Kota Depok akan menyiapkan segala upaya untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat, disamping menyiapkan SDM, mengaktifkan kembali badan adhoc dan lain sebagainya.

KPU Depok, lanjut Nana, hendak mengintensifkan membangun koordinasi dan komunikasi stakeholder terkait persiapan untuk melanjutkan tahapan pilkada dalam waktu dekat.

Pelaksanaan Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020, mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-Undang beberapa waktu yang lalu.

“Terkait waktu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara tanggal 9 Desember 2020 yang banyak disangsikan oleh banyak pihak, semakin terbantahkan setelah dilaksanakannya Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPR RI dengan Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu tanggal 27 Mei 2020 yang menyetujui pelaksanaan pilkada 9 Desember 2020,” tutur Nana, Kamis (28/5/2020).

Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut juga menyetujui usulan perubahan Rancangan Peraturan KPU RI tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 yang tahapan lanjutannya akan dimulai pada 15 Juni 2020, dengan syarat bahwa seluruh tahapan pilkada harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, berkoordinasi dengan gugus tugas covid-19 serta berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, bahwa tahapan pilkada Depok dan sejumlah daerah lain di Indonesia telah ditunda oleh KPU RI mengingat mewabahnya Covid-19 di Indonesia bahkan dunia.

“Kita semua berharap, semoga musibah covid-19 yang tengah mewabah ini dapat segera berakhir. Kami mengajak seluruh masyarakat agar kita ikuti arahan pemerintah, mentaati PSBB yang masih diberlakukan,” ujar Nana. (MC)