KPU Depok Sosialisasikan Secara Virtual PKPU No. 5 Tahun 2020 Kepada Wali Kota, Forkopimda Dan Parpol

kota-depok.kpu.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mensosialisasikan Peraturan KPU (PKPU) No. 5 Tahun 2020 tanggal 12 Juni 2020 kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok, dan jajaran fungsionaris partai-partai politik. Dengan sosialisasi ini, semua pemangku kepentingan mengetahui bahwa tahapan Pilkada telah dilanjutkan kembali sejak tanggal 15 Juni 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sosialiasi, yang dilakukan secara virtual pada Rabu (17/6/2020), disampaikan langsung oleh Ketua KPU Depok Nana Shobarna didampingi empat komisioner. Wali Kota Depok Mohammad Idris dan kepala dinas terkait, serta Ketua Bawaslu Kota Depok Ny. Luli Barlini pun mengikuti sosialisasi PKPU No. 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 yang diundangkan pada 12 Juni 2020.

Ketua KPU Depok Nana Shobarna mengatakan, dalam sosialisasi tersebut diuraikan tahapan-tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang telah diperbarui dan ditetapkan oleh KPU Republik Indonesia (RI) dengan menerbitkan PKPU No. 5 Tahun 2020.

“Kami, melalui sosialisasi tersebut, sekaligus secara resmi memberitahukan kepada Wali Kota dan segenap jajarannya, serta pimpinan di jajaran Forkopimda bahwa Pilkada tahun 2020 tetap dilaksanakan. Tahapannya yang sempat ditunda, kembali dilanjutkan,” tutur Nana.

Dalam kesempatan itu Nana mengingatkan kepada para fungsionaris partai politik agar mempersiapkan kadernya yang bakal diusung sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota dalam Pilkada 2020.

“Kami minta partai-partai politik mencermati tahapan baru ini. Dengan demikian mereka tahu kapan tahapan yang krusial,” ucap Nana.

Ke depan, ujarnya, KPU Depok akan semakin sering mensosialisasikan secara virtual tahapan Pilkada yang kembali dilanjutkan kepada masyarakat.

“Karena pandemi Corona belum reda, maka sosialisasi secara virtual. Walau virtual, kami akan melakukannya secara masif kepada khalayak,” kata Nana.

Dengan demikian, warga Kota Depok, Jawa Barat, pun mengetahui bahwa KPU Depok sudah melanjutkan tahapan Pilkada sejak tanggal 15 Juni lalu.

“Jangan lupa pada tanggal 9 Desember 2020 dilakukan pemungutan suara,” tuturnya. (MC)